Senin, 05 Desember 2016

Manfaat Shalat Dhuha Untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani


Setiap ibadah pasti memiliki manfaat tersendiri bagi kehidupan kita. Manfaat Shalat Dhuhayang pertama adalah manfaat untuk kesehatan. Mengapa bisa demikian? Hal tersebut karena di dalam shalat dhuha terdapat beberapa gerakan yang harus dilakukan, oleh karena itu shalat dhuha juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu kegiatan dalam berolahraga.

Manfaat Shalat Dhuha Bagi Kesehatan Jasmani

Olahraga Tanpa Disadari
Shalat Dhuha bisa dilakukan pada saat masih pagi hari yaitu  saat matahari terbit di ujung timur dengan ukuran sudah setinggi tombak atau lebih. Bisa juga sekitar pukul 08.00 sampai dengan menjelang Dzuhur. Waktu tersebut merupakan waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Oleh karena itu melakukan shalat Dhuha sama saja dengan berolahraga karena nantinya bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tulang serta otot. Setiap persendian bergerak, mulai dari tangan, siku sampai dengan lutut dan kaki. Gerakan shalat memang dapat memberikan efek olahraga tanpa di sadari.

Melancarkan Peredaran Darah
Selain itu juga Shalat Dhuha membantu untuk melancarkan peredaran darah yang ada di dalam tubuh manusia karena semua pergerakan dalam Shalat Dhuha sangat lengkap. Mulai dari mengangkat kedua tangan, membungkuk saat gerakan rukuk, kemudian juga gerakan sujud yang mana kepala berada lebih rendah dibandingkan badan dan darah tersebut juga mengalir ke kepala kemudian pada saat duduk aliran darah dinormalkan kembali.

Menormalkan Produksi Hormon
Selain itu juga sangat bermanfaat untuk menormalkan produksi hormon yang ada di dalam tubuh. Jadi Shalat Dhuha memang sangat bermanfaat dan efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Baik untuk bagian tubuh, organ tubuh sampai dengan beberapa cairan dan juga hormon dalam tubuh.

Manfaat Shalat Dhuha Untuk Kesehatan Rohani

Membuat Jiwa Lebih Tenang
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani, Shalat Dhuha juga sangat efektif untuk menjaga rohani. Jiwa orang yang mendirikan Shalat Dhuha akan menjadi lebih tenang. Terlebih lagi jika rejeki memang sudah dibukakan dan dipermudah oleh Allah SWT.

Menghilangkan Stres

Shalat Dhuha maupun shalat yang lainnya akan membantu umat muslim untuk bisa mendapatkan ketenangan batin sehingga terhindar dari stres. Stres merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan bisa menimbulkan resiko berbagai macam penyakit. Mulai dari mengambil air wudhu sebenarnya sudah bisa membuat batin dan pikiran menjadi tenang. Ditambah dengan Shalat Dhuha, tentu saja akan jauh lebih tenang. Melakukan Shalat Dhuha sendiri memang akan mendapatkan ketenangan. Masyarakat percaya rejekinya menjadi lebih lancar dengan rutin melakukan Shalat Dhuha setiap hari.


sumber : http://www.emadura.com/2016/02/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar